Kamis, 01 April 2010

Soal Komunikasi (4)

PETUNJUK MENGERJAKAN !
PILIHLAH JAWABAN YANG PALING TEPAT DENGAN MEMBERIKAN TANDA SILANG PADA SALAH SATU ITEM : A, B, C, D DAN E

1. Berikut ini yang dimaksud dengan konseling adalah………..
A. Interaksi orang ke orang, dua arah, meliputi aspek verbal dan non verbal .
B. Proses pemberian bantuan seseorang kepada orang lain dalam membuat suatu keputusan atau memecahkan suatu masalah melalui pemahaman terhadap fakta fakta, harapan, kebutuhan dan perasaan perasaan klien.
C. Penyampaian pesan dari seseorang kepada sekelompok besar orang, biasanya sebagian besar masyarakat.
D. Pengaruh komunikasi secara sadar dan sebagian sadar
E. Penyampaian pesan dari seseorang kepada oranglain

2. Interaksi orang ke orang, dua arah, meliputi aspek verbal dan non verbal merupakan definisi dari…………
A. Komunikasi interpersonal
B. Komunikasi massa
C. Komunikasi intrapersonal
D. Komunikasi kelompok
E. Bukan salah satu diatas

3. Interaksi orang ke orang, dua arah, meliputi aspek verbal dan non verbal merupakan definisi dari…………
A. Komunikasi interpersonal
B. Komunikasi massa
C. Komunikasi intrapersonal
D. Komunikasi kelompok
E. Komunikasi Efektif

4. Berikut ini yang bukan merupakan faktor penghambat dalam komunikasi adalah..............
A. Faktor individual
B. Faktor yang berkaitan dengan interaksi
C. Faktor masyarakat

D. Faktor situasional
E. Kompetensi dalam melakukan percakapan

5. Berikut ini merupakan karakteristik komunikasi verbal efektif adalah .........
A. Jelas dan ringkas, perbendaharaan kata, arti denotatif dan konotatif, perbendaharaan kata, intonasi, kecepatan bicara, humor.
B. Penampilan fisik sikap tubuh, cara berjalan, ekspresi wajah, sentuhan.
C. Jelas dan ringkas, Penampilan fisik sikap tubuh, arti denotatif dan konotatif, ekspresi wajah, intonasi, humor.
D. Bukan salah satu diatas.
E. Semua jawaban benar.

6. Berikut ini merupakan karakteristik komunikasi non verbal efektif adalah .........
A. Jelas dan ringkas, perbendaharaan kata, arti denotatif dan konotatif, perbendaharaan kata, intonasi, kecepatan bicara, humor.
B. Penampilan fisik sikap tubuh, cara berjalan, ekspresi wajah, sentuhan.
C. Jelas dan ringkas, penampilan fisik sikap tubuh, arti denotatif dan konotatif, ekspresi wajah, intonasi, humor.
D. Bukan salah satu diatas.
E. Semua jawaban benar.

7. Berikut ini merupakan tingkah laku verbal yaitu.................
A. Penampilan Umum
B. Pertanyaan yang diajukan
C. Pandangan mata
D. Bahasa tubuh
E. Gaya bicara

8. Apabila kita menyampaikan pesan kepada seseorang melalui kode/symbol maka kita telah melakukan komunikasi………..
A. Verbal
B. Non verbal
C. Umum
D. Terapetik
E. Intra personal

9. Apabila kita menyampaikan pesan kepada seseorang dengan mengunakan kata – kata maka kita telah melakukan komunikasi………..
A. Verbal
B. Non verbal
C. Umum
D. Terapetik
E. Intra personal

10. Berikut ini merupakan tingkah laku non verbal yaitu..............
A. Pandangan mata
B. Kata kunci
C. Penjelasan
D. Beralih topik
E. Pertanyaan yang diajukan

11. Berikut ini yang bukan merupakan tanda – tanda ketegangan adalah ............
A. Muka pucat atau memerah
B. Tremor bibir
C. Mata berkaca – kaca
D. Berkeringat
E. Kontak mata

12. Merupakan hal pertama yang diperhatikan dalam melakukan komunikasi adalah ......
A. Penampilan Umum / fisik
B. Pertanyaan yang diajukan
C. Pandangan mata
D. Bahasa tubuh
E. Gaya bicara

13. Berikut ini merupakan komunikasi verbal efektif yang mampu memberikan dukungan emosional pada klien adalah ..............
A. Perbendaharaan kata mudah dimengerti
B. Mempunyai arti denotatif dan konotatif
C. Intonasi mampu mempengaruhi isi pesan
D. kecepatan bicara yang memiliki tempo dan jeda
E. Ada unsur humor

14. Berikut ini merupakan komunikasi verbal efektif berbentuk selaan yang lama dan pengalihan yang cepat pada pokok pembicaraan lain mungkin akan menimbulkan kesan bahwa bidan sedang menyembunyikan sesuatu terhadap klien adalah ..............
A. Perbendaharaan kata mudah dimengerti
B. Mempunyai arti denotatif dan konotatif
C. Intonasi mampu mempengaruhi isi pesan
D. kecepatan bicara yang memiliki tempo dan jeda
E. Ada unsur humor

15. Berikut ini merupakan komunikasi verbal efektif berbentuk banyak istilah teknis yang digunakan oleh bidan, klien menjadi bingung dan tidak mampu mengikuti petunjuk atau mempelajari informasi penting adalah .................
A. Perbendaharaan kata mudah dimengerti
B. Mempunyai arti denotatif dan konotatif
C. Intonasi mampu mempengaruhi isi pesan
D. kecepatan bicara yang memiliki tempo dan jeda
E. Ada unsur humor



16. Berikut ini merupakan komunikasi verbal efektif berbentuk berkomunikasi dengan klien dan keluarganya, bidan harus mampu memilih kata- kata yang tidak banyak disalahtafsirkan, terutama sangat penting ketika menjelaskan tujuan terapi, terapi dan kondisi klien adalah ........
A. Perbendaharaan kata mudah dimengerti
B. Mempunyai arti denotatif dan konotatif
C. Intonasi mampu mempengaruhi isi pesan
D. kecepatan bicara yang memiliki tempo dan jeda
E. ada unsur humor

17. Berikut ini merupakan komunikasi verbal efektif berbentuk Nada suara pembicaraan mempunyai dampak yang besar terhadap arti pesan yang dikirimkan karena emosi seseorang dapat secara langsung mempengaruhi nada suaranya adalah ...............
A. Perbendaharaan kata mudah dimengerti
B. Mempunyai arti denotatif dan konotatif
C. Intonasi mampu mempengaruhi isi pesan
D. kecepatan bicara yang memiliki tempo dan jeda
E. Ada unsur humor

18. Berikut ini merupakan komunikasi non verbal efektif berbentuk Kesan pertama timbul dalam 20 detik sampai empat menit pertama adalah ...............
A. Penampilan fisik
B. Sikap tubuh dan cara berjalan
C. Ekspresi wajah
D. Sentuhan
E. Ada unsur humor

19. Gestures (gerak isyarat), gerakan tubuh, pernyataan air muka, perilaku/gerakan mata merupakan klasifikasi perilaku non verbal........
A. Artifac
B. Touching behavior
C. Body motion atau kinesics behavior
D. Physical characteristic
E. Paralanguage
F.
20. Bau badan atau mulut, berat, tinggi merupakan klasifikasi perilaku non verbal........
A. Artifac
B. Touching behavior
C. Body motion atau kinesics behavior
D. Physical characteristic
E. Paralanguage

21. Usapan, salaman, ucapan selamat tinggal, memukul, dan memegang merupakan klasifikasi perilaku non verbal........
A. Artifac
B. Touching behavior
C. Body motion atau kinesics behavior

D. Physical characteristic
E. Paralanguage

22. Kualitas bahasa seperti tekanan suara, ritme/irama, tempo, artikulasi, resonansi, dan karakteristik vokal merupakan klasifikasi perilaku non verbal........
A. Artifac
B. Touching behavior
C. Body motion atau kinesics behavior
D. Physical characteristic
E. Paralanguage

23. Penggunaan lipstik, parfum, kacamata, wig merupakan klasifikasi perilaku non verbal........
A. Artifac
B. Touching behavior
C. Body motion atau kinesics behavior
D. Physical characteristic
E. Paralanguage

24. Dibawah ini merupakan faktor sosial yang mempengaruhi komunikasi adalah..........
A. Mekanisme Pertahanan Diri
B. Kepercayaan dan nilai-nilai
C. Asumsi
D. Usia
E. Prasangka

25. Dibawah ini merupakan faktor psikologis yang mempengaruhi komunikasi adalah..........
A. Prasangka
B. Jenis kelamin
C. Etnik
D. Bahasa
E. Kekuasaan

26. Dibawah ini merupakan faktor individual yang mempengaruhi komunikasi adalah.......
A. Mekanisme Pertahanan Diri
B. Kekuasaan
C. Asumsi
D. Bahasa
E. Prasangka

27. Faktor yang mempengaruhi komunikasi menurut pandangan pribadi seseorang terhadap suatu peristiwa disebut ........
A. Perkembangan.
B. Citra diri.
C. Persepsi.
D. Pengetahuan.
E. Emosi.

28. Individu dengan orang yang tidak dikenal dalam berkomunikasi akan merasa kurang aman. Ini adanya satu faktor yang mempengaruhi, yaitu....
A. Lingkungan.
B. Jenis kelamin.
C. Kondisi fisik.
D. Jarak.
E. Latar belakang sosial budaya.

29. Bahasa dan gaya disuatu tempat bisa mempengaruhi dalam berkomunikasi, hal ini disebabkan adanya salah satu faktor, yaitu ........
A. Pengetahuan.
B. Latas belakang sosial budaya.
C. Lingkungan.
D. Jenis kelamin.
E. Perkembangan.

30. Membina hubungan baik adalah dasar dalam pemberian konseling. Berikut ini adalah factor – factor yang mempengaruhi atau membantu dalam membina hubungan baik adalah kecuali .......
A. Status
B. Kekuatan
C. Kecermatan
D. Peran
E. Kegemaran

31. Membina hubungan baik adalah dasar dalam pemberian konseling. Status adalah salah satu factor yang mempengaruhi atau membantu dalam membina hubungan baik. Apa yang anda ketahui tentang status.......
A. Perilaku yang diharapkan seseorang terhadap orang lainnya.
B. Kendali manusia untuk mendesak satu sama lain
C. Kedudukan yang anda akui pada orang lain dikaitkan dengan anda.
D. Bukan salah satu diatas
E. Semua jawaban benar

32. Membina hubungan baik adalah dasar dalam pemberian konseling. kekuatan adalah salah satu factor yang mempengaruhi atau membantu dalam membina hubungan baik. Apa yang anda ketahui tentang kekuatan.......
A. Perilaku yang diharapkan seseorang terhadap orang lainnya.
B. Kendali manusia untuk mendesak satu sama lain
C. Kedudukan yang anda akui pada orang lain dikaitkan dengan anda.
D. Bukan salah satu diatas
E. Semua jawaban benar

33. Membina hubungan baik adalah dasar dalam pemberian konseling. peran adalah salah satu factor yang mempengaruhi atau membantu dalam membina hubungan baik. Apa yang anda ketahui tentang peran.......
A. Perilaku yang diharapkan seseorang terhadap orang lainnya.
B. Kendali manusia untuk mendesak satu sama lain
C. Kedudukan yang anda akui pada orang lain dikaitkan dengan anda.
D. Bukan salah satu diatas
E. Semua jawaban benar

34. Berbagai tingkah laku yang kita lihat dan dengar, misalnya : jalan mondar mandir, tangan dikepal, dan sebagainya, merupakan jenis ketrampilan observasi...........
A. Tingkah laku non verbal
B. Tingkah laku verbal
C. Kesenjangan tingkah laku verbal dan non verbal
D. Pengamatan obyektif
E. Interpretasi / penafsiran

35. Kesan yang kita berikan terhadap apa yang kita lihat (amati) dan kita dengar merupakan jenis ketrampilan observasi...........
A. Tingkah laku non verbal
B. Tingkah laku verbal
C. Kesenjangan tingkah laku verbal dan non verbal
D. Pengamatan obyektif
E. Interpretasi / penafsiran

36. Sikap dan perilaku dasar dalam membina hubungan baik adalah dengan diterapkannya SOLER, berikut ini merupakan sikap tubuh condong ke klien disebut…….
A. S : Face your client Squarely.
B. O : Open and non-judgemental face expression
C. L : Lean towards client.
D. E : Eye contact in a culturally-acceptable manner
E. R : Relaxed and friendly manner

37. Sikap dan perilaku dasar dalam membina hubungan baik adalah dengan diterapkannya SOLER, berikut ini merupakan sikap ekspresi muka menunjukkan sikap terbuka dan tidak menilai disebut…….
A. S : Face your client Squarely.
B. O : Open and non-judgemental face expression
C. L : Lean towards client.
D. E : Eye contact in a culturally-acceptable manner
E. R : Relaxed and friendly manner

38. Sikap dan perilaku dasar dalam membina hubungan baik adalah dengan diterapkannya SOLER, berikut ini merupakan kontak mata atau tatap mata sesuai dengan budaya setempat disebut…….
A. S : Face your client Squarely.
B. O : Open and non-judgemental face expression
C. L : Lean towards client.
D. E : Eye contact in a culturally-acceptable manner
E. R : Relaxed and friendly manner

39. Sikap dan perilaku dasar dalam membina hubungan baik adalah dengan diterapkannya SOLER, berikut ini merupakan menghadap ke klien, senyum atau mengangguk disebut…….
A. S : Face your client Squarely.
B. O : Open and non-judgemental face expression
C. L : Lean towards client.
D. E : Eye contact in a culturally-acceptable manner
E. R : Relaxed and friendly manner

40. Sikap dan perilaku dasar dalam membina hubungan baik adalah dengan diterapkannya SOLER, berikut ini merupakan bentuk tubuh condong ke klien disebut…….
A. S : Face your client Squarely.
B. O : Open and non-judgemental face expression
C. L : Lean towards client.
D. E : Eye contact in a culturally-acceptable manner
E. R : Relaxed and friendly manner

41. Memberikan umpan balik/merefleksikan isi ucapan dan perasaan klien merupakan jenis ketrampilan ..............
A. Mendengar Aktif
B. Mendengar Pasif
C. Bertanya
D. Observasi
E. Verbal atau non verbal

42. Pada keterampilan mendengar hal ini dilakukan bila konselor ingin mendalami apa yang diucapkan atau diceritakan klien dengan ………..
A. Mendengar aktif
B. Mendengar pasif
C. Memberi tanda perhatian verbal
D. Memberi tanda perhatian non verbal
E. Mengajukan pertanyaan untuk mendalami dan klarifikasi

43. Pada keterampilan mendengar hal ini dilakukan antara lain bila klien sedang menceritakan masalahnya : berbicara tanpa henti, menggebu – gebu dengan ekspresi perasaan kesal atau sedih dengan ………..
A. Mendengar aktif
B. Mendengar pasif
C. Memberi tanda perhatian verbal
D. Memberi tanda perhatian non verbal
E. Mengajukan pertanyaan untuk mendalami dan klarifikasi

44. Pada keterampilan mendengar hal ini dilakukan dengan memberikan umpan balik atau merefleksikan isi ucapan dan perasaan klien dengan ………..
A. Mendengar aktif
B. Mendengar pasif
C. Memberi tanda perhatian verbal

D. Memberi tanda perhatian non verbal
E. Mengajukan pertanyaan untuk mendalami dan klarifikasi

45. Pertanyaan yang sudah pasti, menghasilkan jawaban ”ya” atau ”tidak” yang berguna untuk merngumpulkan informasi yang aktual merupakan jenis ketrampilan ..........
A. Pertanyaan terbuka
B. Pertanyaan tertutup
C. Pertanyaan mendalam
D. Pertanyaan sugestif
E. Pertanyaan mengarahkan

46. Pertanyaan yang menuntut jawaban yang memungkinkan adanya berbagai macam jawaban dengan memberi kebebasan menjawab pada klien merupakan jenis ketrampilan ..........
A. Pertanyaan terbuka
B. Pertanyaan tertutup
C. Pertanyaan mendalam
D. Pertanyaan sugestif
E. Pertanyaan mengarahkan

47. Pertanyaan yang dimaksudkan untuk menggali lebih dalam apa yang diungkapkan klien, sehingga informasi didapat secara lengkap dan mendetail merupakan jenis ketrampilan ..........
A. Pertanyaan terbuka
B. Pertanyaan tertutup
C. Pertanyaan mendalam
D. Pertanyaan sugestif
E. Pertanyaan mengarahkan

48. Dibawah ini merupakan tips bertanya efektif adalah, kecuali ............
A. Gunakan intonasi suara yang menunjukkan perhatian, minat dan keakraban.
B. Gunakan kata-kata yang difahami klien
C. Ajukan pertanyaan satu persatu, tunggu jawaban dengan penuh minat, jangan memotong.
D. Gunakan kata-kata yang mendorong klien untuk menjawab secara ya atau tidak.
E. Bila harus menanyakan hal - hal yang sangat pribadi, jelaskan mengapa hal itu hrs ditanya.

49. Interaksi manusia dan selama interaksi berlangsung saling tukar info atau saling berbagi kebutuhan, merupakan definisi komunikasi interpersonal menurut...........
A. Luft
B. Hein
C. Hargreavest
D. Umum
E. Khusus


50. Komunikasi antar orang-orang secara tatap muka yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung baik verbal maupun non verbal, merupakan definisi komunikasi interpersonal secara………….
A. Luft
B. Hein
C. Hargreavest
D. Umum
E. Khusus

51. Berikut ini yang bukan merupakan hambatan dalam komunikasi adalah………..
A. Batas kemampuan penerima
B. Pengalihan
C. Ketidak cocokan bagan
D. Pengaruh komunikasi secara sadar dan sebagian sadar
E. Tidak adanya saluran

52. Kata-kata seharusnya mempunyai arti yang sama bagi pengirim dan penerima, hal tersebut merupakan hambatan komunikasi dalam...............
A. Batas kemampuan penerima
B. Pengalihan
C. Ketidak cocokan bagan
D. Pengaruh komunikasi secara sadar dan sebagian sadar
E. Tidak adanya saluran

53. Orang yang memberikan bantuan dalam konseling disebut ………….
A. Konseli
B. Konselor
C. Penyelia
D. Perawat
E. Bidan

54. Orang yang diberi konseling disebut .............
A. Konseli
B. Konselor
C. Penyelia
D. Perawat
E. Bidan

55. Apabila pertanyaan yang diajukan dan jawaban yang diberikan secara lesan disebut ........
A. Kuesioner
B. Wawancara
C. Tanya jawab
D. Pengarahan
E. Bukan salah satu diatas



56. Dibawah ini bukan merupakan tips wawancara yang efektif yaitu ............
A. Menciptakan suasana yang terbuka
B. Tidak memotong pembicaraan
C. Memberikan perhatian
D. Bersikap evaluatif
E. Tenggang rasa atau bijaksana

57. Dibawah ini merupakan kelebihan tehnik wawancara yaitu ............
A. Pertanyaan kurang mendalam
B. Sifat data primer
C. Sifat data sekunder
D. Tidak dapat mengklarifikasi data yang kurang jelas
E. Bukan salah satu diatas

58. Faktor individual merupakan salah satu faktor penghambat dalam komunikasi. Dibawah ini yang bukan merupakan faktor individual penghambat dalam komunikasi adalah ...............
A. Kemampuan melihat
A. Kemampuan mendengar
B. Sikap terbuka
C. Usia
D. Gender

59. Dibawah ini yang bukan merupakan faktor sosial penghambat dalam komunikasi adalah .....
A. Sejarah keluarga dan relasi
B. Peran dalam masyarakat
C. Pembawaan diri seseorang terhadap orang lain
D. Peran sosial
E. Jaringan sosial

60. Dibawah ini merupakan faktor penghambat dalam komunikasi bahwa orang yang mempunyai wawasan dan pergaulan yang luas akal lebih mudah melakukan komunikasi interpersonal adalah .....
A. Sejarah keluarga dan relasi
B. Peran dalam masyarakat
C. Pembawaan diri seseorang terhadap orang lain
D. Peran sosial
E. Jaringan sosial

61. Dibawah ini merupakan faktor penghambat dalam komunikasi bahwa orang yang punya peran yang tinggi di masyarakat akan disegani dan biasanya nasehat yang diberikan akan dituruti oleh masyarakat setempat adalah .....
A. Sejarah keluarga dan relasi
B. Peran dalam masyarakat
C. Pembawaan diri seseorang terhadap orang lain
D. Gender
E. Jaringan sosial

62. Dibawah ini yang bukan merupakan faktor yang berkaitan dengan interaksi penghambat dalam komunikasi adalah .....
A. Tujuan dan harapan
B. Sejarah keluarga dan relasi
C. Pembawaan diri seseorang terhadap orang lain
D. Sikap terhadap interaksi
E. Kompetensi dalam melakukan percakapan

63. Dibawah ini yang bukan merupakan kompetensi yang harus dimiliki Bidan dalam melakukan komunikasi interpersonal adalah ...........
A. Empati
B. Simpati
C. Perspektif sosial
D. Kepekaan
E. Kecakapan dan tingkah laku

64. Pada perkembangan komunikasi pada bayi dan balita dimana bayi memberi respon terhadap kata yang familier misalnya ada yang menyebut ibu maka dia akan berusaha mencari ibunya, hal tersebut merupakan perkembangan komunikasi pada fase .............
A. Fase sebelum bicara
B. Mulai mengenal kata pertama
C. Mulai mengenal kalimat kalimat
D. Kemampuan bicara egosentris
E. Perkembangan semantik

65. Pada perkembangan komunikasi pada bayi dan balita dimana kemampuan bicara anak berfokus pada diri sendiri, hal tersebut merupakan perkembangan komunikasi pada fase .............
A. Fase sebelum bicara
B. Mulai mengenal kata pertama
C. Mulai mengenal kalimat
D. Kemampuan bicara egosentris
E. Perkembangan semantik

66. Pada perkembangan komunikasi pada bayi dan balita dimana anak mampu mengerti bahasa yang diajarkan dan pertama kali memahami arti konkrit dan abstrak, hal tersebut merupakan perkembangan komunikasi pada fase ................
A. Fase sebelum bicara
B. Mulai mengenal kata pertama
C. Mulai mengenal kalimat
D. Kemampuan bicara egosentris
E. Perkembangan semantik

67. Berikut ini yang bukan merupakan faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa adalah ...
A. Lingkungan
B. Intelegensi
C. Jenis kelamin

D. Sosial ekonomi
E. Dorongan orang tua

68. Perubahan fisik atau biologis sesuai dengan tahap perkembangan merupakan fokus komunikasi pada .............
A. Bayi dan balita
B. Remaja
C. Ibu hamil
D. Ibu melahirkan
E. Gangguan reproduksi

69. Belum ada pengalaman hamil merupakan fokus komunikasi pada .............
A. Bayi dan balita
B. Remaja
C. Ibu hamil
D. Ibu melahirkan
E. Gangguan reproduksi

70. Tehnik - tehnik persalinan seperti tehnik mengejan, relaksasi atau mengatur pernafasan merupakan fokus komunikasi pada .............
A. Bayi dan balita
B. Remaja
C. Ibu hamil
D. Ibu melahirkan
E. Gangguan reproduksi

48. Deteksi dini terhadap kelainan yang berhubungan dengan penyakit pada organ reproduksi merupakan fokus komunikasi pada .............
A. Bayi dan balita
B. Remaja
C. Ibu hamil
D. Ibu melahirkan
E. Gangguan reproduksi

49. Perubahan status kehidupan sesuai dengan perkembangan terjadi secara alami dan tanggungjawab sesuai sebagai kepala keluarga dan sebagai ibu merupakan fokus komunikasi pada .............
A. Calon orangtua
B. Ibu nifas
C. Ibu menyusui
D. Masa menopause
E. Akseptor KB

50. Bantuan konseling dalam hal adaptasi pada masa setelah melahirkan, tehnik menyusui dan perawatan payudara atau manajemen laktasi merupakan fokus komunikasi pada .............
A. Calon orangtua
B. Ibu nifas
C. Ibu menyusui
D. Masa menopause
E. Akseptor KB

51. Komunikasi ditekankan pada peranan ibu untuk memberikan air susu kepada bayi sebagai wujud tali kasih merupakan fokus komunikasi pada .............
A. Calon orangtua
B. Ibu nifas
C. Ibu menyusui
D. Masa menopause
E. Akseptor KB

52. Deteksi dini terhadap kelainan yang berhubungan dengan gangguan reproduksi pada usia subur maupun klimakterium merupakan fokus komunikasi pada .............
A. Calon orangtua
B. Ibu nifas
C. Ibu menyusui
D. Masa menopause
E. Gangguan reproduksi

53. Berorientasi pada penjelasan efek samping pemakaian kontrasepsi dan cara mengatasi merupakan fokus komunikasi pada .............
A. Calon orangtua
B. Ibu nifas
C. Ibu menyusui
D. Masa menopause
E. Gangguan reproduksi

4 komentar: