Kamis, 01 April 2010

Soal Komunikasi (1)

1. Pengambilan keputusan yang didasarkan pada rasa yang dialami oleh tubuh seperti : rasa sakit, tidak nyaman atau nikamt, merupakan pengambilan keputusan berdasarkan faktor apa ..........
A. Fisik
B. Emosional
C. Rasional
D. Praktikal
E. Interpersonal

2. Pengambilan keputusan yang didasarkan pada perasaan atau sikap, merupakan pengambilan keputusan berdasarkan faktor apa ..........
A. Fisik
B. Emosional
C. Rasional
D. Praktikal
E. Interpersonal

3. Pengambilan keputusan yang didasarkan terhadap pengetahuan, merupakan pengambilan keputusan berdasarkan faktor apa ..........
A. Fisik
B. Emosional
C. Rasional
D. Praktikal
E. Interpersonal

4. Pengambilan keputusan yang didasarkan pada pengaruh jaringan – jaringan sosial yang ada, merupakan pengambilan keputusan berdasarkan faktor apa .....
A. Fisik
B. Emosional
C. Rasional
D. Praktikal
E. Interpersonal

5. Pengambilan keputusan yang didasarkan pada ketrampilan individual dan kemampuan melaksanakannya, merupakan pengambilan keputusan berdasarkan faktor apa ..........
A. Fisik
B. Emosional
C. Rasional
D. Praktikal
E. Interpersonal

6. Pengambilan keputusan dengan memikirkan secara baik – baik dengan mempertimbangkan berbagai pilihan merupakan jenis pengambilan keputusan ...............
A. Pengambilan keputusan intuitif
B. Pengambilan keputusan terpaksa
C. Pengambilan keputusan reaktif
D. Pengambilan keputusan ditanguhkan
E. Pengambilan keputusan dengan hati – hati

7. Pengambilan keputusan dengan mengalihkan kepada orang lain yang bertanggungjawab merupakan jenis pengambilan keputusan ...............
A. Pengambilan keputusan intuitif
B. Pengambilan keputusan terpaksa
C. Pengambilan keputusan reaktif
D. Pengambilan keputusan ditanguhkan
E. Pengambilan keputusan dengan hati – hati

8. Pengambilan keputusan yang seringkali dilakukan dalam situasi marah dan tergesa - gesa merupakan jenis pengambilan keputusan ...............
A. Pengambilan keputusan intuitif
B. Pengambilan keputusan terpaksa
C. Pengambilan keputusan reaktif
D. Pengambilan keputusan ditanguhkan
E. Pengambilan keputusan dengan hati – hati

9. Pengambilan keputusan dalam situasi krisis dan harus segera dilaksanakan merupakan jenis pengambilan keputusan ...............
A. Pengambilan keputusan intuitif
B. Pengambilan keputusan terpaksa
C. Pengambilan keputusan reaktif
D. Pengambilan keputusan ditanguhkan
E. Pengambilan keputusan dengan hati – hati

10. Pengambilan keputusan dengan sifat segera, langsung diputuskan karena keputusan tersebut dirasakan paling tepat merupakan jenis pengambilan keputusan ...............
A. Pengambilan keputusan intuitif
B. Pengambilan keputusan terpaksa
C. Pengambilan keputusan reaktif
D. Pengambilan keputusan ditanguhkan
E. Pengambilan keputusan dengan hati – hati
11. Pemberian informasi dikatakan efektif apabila ...........
A. Informasi yang diberikan spesifik, dapat membantu klien dalam membuat keputusan.
B. Informasi tidak disesuikan dengan situasi klien.
C. Menggunakan bahasa nasional
D. Tidak perlu menggunakan alat bantu visual sewaktu menjelaskan
E. Tidak memberi kesempatan klien bertanya dan tidak mengulang hal-hal penting yang perlu diingat.

12. Berikut ini merupakan saat saat sulit dalam komunkasi interpersonal dan konseling adalah .......
A. Terciptanya hubungan yang baik
B. Pembicaraan sesuai dengan topik
C. Konselor bersikap terbuka
D. Klien bersedia menerima bantuan dari konselor
E. Diam

13. Apabila dalam suatu konseling terjadi klien menangis, maka sebagai konselor apa yang akan anda lakukan ?
A. Konselor harus memperhatikan konteks pembicaraan dan menilai mengapa hal ini terjadi.
B. Menunggu beberapa saat, dan apabila masih terus menangis, katakan bahwa tidak apa – apa kalau ingin menangis, adalah wajar apabila merasa sedih kita menangis.
C. Konselor merasa tidak tahu harus berbuat apa.
D. Konselor sebaiknya mememberikan informasi tersebut beberapa saat sebelum pertemuan, meminta maaf,
E. Melanjutkan konseling, terutama dengan membuat klien merasa lebih nyaman tentang dirinya sendiri.

14. Apabila dalam suatu konseling waktu yang dimiliki konselor terbatas , maka sebagai konselor apa yang akan anda lakukan ?
A. Konselor harus memperhatikan konteks pembicaraan dan menilai mengapa hal ini terjadi.
B. Menunggu beberapa saat, dan apabila masih terus menangis, katakan bahwa tidak apa – apa kalau ingin menangis, adalah wajar apabila merasa sedih kita menangis.
C. Konselor merasa tidak tahu harus berbuat apa.
D. Konselor sebaiknya mememberikan informasi tersebut beberapa saat sebelum pertemuan, meminta maaf,
E. Melanjutkan konseling, terutama dengan membuat klien merasa lebih nyaman tentang dirinya sendiri.

15. Apabila dalam suatu konseling, konselor tidak dapat menciptakan hubungan yang baik, maka sebagai konselor apa yang akan anda lakukan ?
A. Konselor harus memperhatikan konteks pembicaraan dan menilai mengapa hal ini terjadi.
B. Menunggu beberapa saat, dan apabila masih terus menangis, katakan bahwa tidak apa – apa kalau ingin menangis, adalah wajar apabila merasa sedih kita menangis.
C. Konselor merasa tidak tahu harus berbuat apa.
D. Konselor sebaiknya mememberikan informasi tersebut beberapa saat sebelum pertemuan, meminta maaf,
E. Melanjutkan konseling, terutama dengan membuat klien merasa lebih nyaman tentang dirinya sendiri.

16. Dibawah ini yang bukan merupakan fungsi konseling adalah .............
A. Pencegahan
B. Penyesuaian
C. Perbaikan
D. Pengembangan
E. Pengawasan

17. Apabila terjadi penyimpangan perilaku klien dalam pelayanan kesehatan dan lingkungan yang menyebabkan terjadinya masalah kesehatan maka perlu dilakukan pelayanan konseling dengan menerapkan fungsi ..................
A. Pencegahan
B. Penyesuaian
C. Perbaikan
D. Pengembangan
E. Pengawasan

18. Pada peningkatkan pengetahuan dan kemampuan serta peningkatan derajat masyarakat dengan upaya peningkatan peran serta masyarakat maka perlu dilakukan pelayanan konseling dengan menerapkan fungsi ..................
A. Pencegahan
B. Penyesuaian
C. Perbaikan
D. Pengembangan
E. Pengawasan

19. Hal ini merupakan upaya untuk membantu klien mengalami perubahan biologis, psikologis, sosial, kultural, dan lingkungan yang berkaitan dengan kebidanan. Dalam hal ini klien perlu beradaptasi dengan keadaan tersebut. maka perlu dilakukan pelayanan konseling dengan menerapkan fungsi ..................
A. Pencegahan
B. Penyesuaian
C. Perbaikan
D. Pengembangan
E. Pengawasan

20. Dalam proses wawancara konseling berpusat pada konselor merupakan tehnik konseling dengan pendekatan .........
A. Directive
B. Non direktive
C. Conseli center

D. Edetic
E. Bukan salah satu diatas

21. Konseli diberi kesempatan untuk memimpin wawancara dan memikul sebagian besar dari tanggung jawab atas pemecahan masalahnya sendiri merupakan tehnik konseling dengan pendekatan .........
A. Directive
B. Authoritarian
C. Conseli center
D. Edetic
E. Bukan salah satu diatas

22. Konselor menggunakan cara yang dianggap baik atau tepat, sesuai dengan konseli dan masalahnya merupakan tehnik konseling dengan pendekatan .........
A. Directive
B. Non direktive
C. Conseli center
D. Edetic
E. Bukan salah satu diatas

23. Tahap ini terjadi sejak klien menemui konselor hingga berjalan konseling sampai konselor dan klien menemukan defenisi masalah klien atas dasar isu, kepedulian, atau masalah klien. Hal ini merupakan proses konseling dalam tahap ...........
A. Awal
B. 2
C. Tengah
D. 4
E. Akhir

24. Tahap yang ditandai dengan menurunnya kecemasan klien, adanya perubahan perilaku klien kearah yang lebih positif, adanya rencana hidup masa yang akan datang dengan program yang jelas. Hal ini merupakan proses konseling dalam tahap ...........
A. Awal
B. 2
C. Tengah
D. 4
E. Akhir

25. Perubahan fisik atau biologis sesuai dengan tahap perkembangan merupakan fokus komunikasi pada .............
A. Bayi dan balita
B. Remaja
C. Ibu hamil
D. Ibu melahirkan
E. Gangguan reproduksi

26. Belum ada pengalaman hamil merupakan fokus komunikasi pada .............
A. Bayi dan balita
B. Remaja
C. Ibu hamil
D. Ibu melahirkan
E. Gangguan reproduksi

27. Tehnik - tehnik persalinan seperti tehnik mengejan, relaksasi atau mengatur pernafasan merupakan fokus komunikasi pada .............
A. Bayi dan balita
B. Remaja
C. Ibu hamil
D. Ibu melahirkan
E. Gangguan reproduksi

28. Deteksi dini terhadap kelainan yang berhubungan dengan penyakit pada organ reproduksi merupakan fokus komunikasi pada .............
B. Bayi dan balita
C. Remaja
D. Ibu hamil
E. Ibu melahirkan
F. Gangguan reproduksi

29. Perubahan status kehidupan sesuai dengan perkembangan terjadi secara alami dan tanggungjawab sesuai sebagai kepala keluarga dan sebagai ibu merupakan fokus komunikasi pada .............
A. Calon orangtua
B. Ibu nifas
C. Ibu menyusui
D. Masa menopause
E. Akseptor KB

30. Bantuan konseling dalam hal adaptasi pada masa setelah melahirkan, tehnik menyusui dan perawatan payudara atau manajemen laktasi merupakan fokus komunikasi pada .............
A. Calon orangtua
B. Ibu nifas
C. Ibu menyusui
D. Masa menopause
E. Akseptor KB

31. Komunikasi ditekankan pada peranan ibu untuk memberikan air susu kepada bayi sebagai wujud tali kasih merupakan fokus komunikasi pada .............
A. Calon orangtua
B. Ibu nifas
C. Ibu menyusui
D. Masa menopause
E. Akseptor KB
32. Deteksi dini terhadap kelainan yang berhubungan dengan gangguan reproduksi pada usia subur maupun klimakterium merupakan fokus komunikasi pada .............
A. Calon orangtua
B. Ibu nifas
C. Ibu menyusui
D. Masa menopause
E. Gangguan reproduksi

33. Berorientasi pada penjelasan efek samping pemakaian kontrasepsi dan cara mengatasi merupakan fokus komunikasi pada .............
A. Calon orangtua
B. Ibu nifas
C. Ibu menyusui
D. Masa menopause
E. Gangguan reproduksi

34. Dua atau lebih orang yang berinteraksi satu dengan yang lain untuk mencapai satu tujuan disebut………
A. Kelompok
B. Karakteristik kelompok
C. Ukuran kelompok
D. Fungsi kelompok
E. Keuntungan kelompok

35. Berikut ini merupakan karakteristik dari kelompok adalah…………….
A. Anggotanya tidak memiliki hubungan tatap muka
B. Terdapat kurang dari satu anggota
C. Anggotanya memiliki tujuan atau maksud sendiri-sendiri
D. Anggotanya dibeda-bedakan ke dalam struktur
E. Anggotanya tidak menganut sekumpulan norma

36. Dibawah ini merupakan ukuran dari kelompok adalah...............
A. Kekompakan kelompok besar lebih kuat
B. Kekompakan kelompok kecil lebih lemah
C. Kelompok kecil tidak mempunyai karakteristik
D. Kelompok besar cenderung lebih resmi
E. Kelompok kecik cenderung lebih resmi

37. Berikut ini yang bukan merupakan kegunaan kelompok bagi individu adalah.........
A. Memenuhi kebutuhan sosial
B. Memenuhi kebutuhan spiritual
C. Membentuk konsep diri
D. Memberi atau menerima dukungan dan bantuan
E. Berbagi dengan orang lain

38. Menggunakan waktu secara efektif, menentukan prioritas secara jelas dan sering membuat keputusan eksekutif merupakan kepemimpinan dalam kelompok yang berorientasi pada ......
A. Orang
B. Tempat
C. Tugas
D. Kebutuhan
E. Masalah

39. Berikut ini yang merupakan aturan dasar dalam pelaksanaan sumbang saran adalah....
A. Boleh dilakukan penilaian pada ide-ide sampai acara selesai
B. Kelompok tidak boleh menganggap dirinya sebagai penghasil sejumlah besar ide-ide
C. Tidak mengkhawatirkan kualitas dari ide-ide
D. Anggota kelompok tidak boleh dibiarkan untuk berfikir dengan bebas
E. Ide-ide yang ditawarkan anggota kelompok tidak boleh dikembangkan oleh anggota kelompok lain

40. Dibawah ini yang bukan merupakan strategi bidan untuk membantu anggota kelompok yang negatif menurut smith dan bass : 1982 adalah...............
A. Menciptakan perasaan memiliki
B. Menciptakan lingkungan yang peka
C. Mendorong partisipasi dan kontribusi
D. Menghargai pendapat yang sama
E. Menciptakan perasaan komitment

Tidak ada komentar:

Posting Komentar