1. Berikut ini yang dimaksud dengan konseling adalah………..
A. Interaksi orang ke orang, dua arah, meliputi aspek verbal dan non verbal .
B. Proses pemberian bantuan seseorang kepada orang lain dalam membuat suatu keputusan atau memecahkan suatu masalah melalui pemahaman terhadap fakta fakta, harapan, kebutuhan dan perasaan perasaan klien.
C. Penyampaian pesan dari seseorang kepada sekelompok besar orang, biasanya sebagian besar masyarakat.
D. Pengaruh komunikasi secara sadar dan sebagian sadar
E. Penyampaian pesan dari seseorang kepada oranglain
2. Interaksi orang ke orang, dua arah, meliputi aspek verbal dan non verbal merupakan definisi dari…………
A. Komunikasi interpersonal
B. Komunikasi massa
C. Komunikasi intrapersonal
D. Komunikasi kelompok
E. Bukan salah satu diatas
3. Berikut ini yang bukan merupakan faktor penghambat dalam komunikasi adalah..............
A. Faktor individual
B. Faktor yang berkaitan dengan interaksi
C. Faktor masyarakat
D. Faktor situasional
E. Kompetensi dalam melakukan percakapan
4. Berikut ini merupakan tingkah laku verbal yaitu.................
A. Penampilan Umum
B. Pertanyaan yang diajukan
C. Pandangan mata
D. Bahasa tubuh
E. Gaya bicara
5. Apabila kita menyampaikan pesan kepada seseorang melalui kode/symbol maka kita telah melakukan komunikasi………..
A. Verbal
B. Non verbal
C. Umum
D. Terapetik
E. Intra personal
6. Berikut ini merupakan tingkah laku non verbal yaitu..............
A. Pandangan mata
B. Kata kunci
C. Penjelasan
D. Beralih topik
E. Pertanyaan yang diajukan
7. Berikut ini yang bukan merupakan tanda – tanda ketegangan adalah ............
A. Muka pucat atau memerah
B. Tremor bibir
C. Mata berkaca – kaca
D. Berkeringat
E. Kontak mata
8. Merupakan hal pertama yang diperhatikan dalam melakukan komunikasi adalah .
A. Penampilan Umum / fisik
B. Pertanyaan yang diajukan
C. Pandangan mata
D. Bahasa tubuh
E. Gaya bicara
9. Berikut ini merupakan komunikasi verbal efektif yang mampu memberikan dukungan emosional pada klien adalah ..............
A. Perbendaharaan kata mudah dimengerti
B. Mempunyai arti denotatif dan konotatif
C. Intonasi mampu mempengaruhi isi pesan
D. kecepatan bicara yg memiliki tempo dan jeda
E. ada unsur humor
10. Dibawah ini merupakan faktor sosial yang mempengaruhi komunikasi adalah..........
A. Mekanisme Pertahanan Diri
B. Kepercayaan dan nilai-nilai
C. Asumsi
D. Usia
E. Prasangka
11. Dibawah ini merupakan faktor psikologis yang mempengaruhi komunikasi adalah..........
A. Prasangka
B. Jenis kelamin
C. Etnik
D. Bahasa
E. Kekuasaan
12. Dibawah ini merupakan faktor individual yang mempengaruhi komunikasi adalah.......
A. Mekanisme Pertahanan Diri
B. Kekuasaan
C. Asumsi
D. Bahasa
E. Prasangka
13. Membina hubungan baik adalah dasar dalam pemberian konseling. Berikut ini adalah factor – factor yang mempengaruhi atau membantu dalam membina hubungan baik adalah kecuali
A. Status
B. Kekuatan
C. Kecermatan
D. Peran
E. Kegemaran
14. Sikap dan perilaku dasar dalam membina hubungan baik adalah dengan diterapkannya SOLER, berikut ini merupakan sikap tubuh condong ke klien disebut…….
A. S : Face your client Squarely.
B. O : Open and non-judgemental face expression
C. L : Lean towards client.
D. E : Eye contact in a culturally-acceptable manner
E. R : Relaxed and friendly manner
15. Sikap dan perilaku dasar dalam membina hubungan baik adalah dengan diterapkannya SOLER, berikut ini merupakan sikap ekspresi muka menunjukkan sikap terbuka dan tidak menilai disebut…….
A. S : Face your client Squarely.
B. O : Open and non-judgemental face expression
C. L : Lean towards client.
D. E : Eye contact in a culturally-acceptable manner
E. R : Relaxed and friendly manner
16. Sikap dan perilaku dasar dalam membina hubungan baik adalah dengan diterapkannya SOLER, berikut ini merupakan kontak mata atau tatap mata sesuai dengan budaya setempat disebut…….
A. S : Face your client Squarely.
B. O : Open and non-judgemental face expression
C. L : Lean towards client.
D. E : Eye contact in a culturally-acceptable manner
E. R : Relaxed and friendly manner
17. Memberikan umpan balik/merefleksikan isi ucapan dan perasaan klien merupakan jenis ketrampilan ..............
A. Mendengar Aktif
B. Mendengar Pasif
C. Bertanya
D. Observasi
E. Verbal atau non verbal
18. Menghasilkan jawaban ”ya” atau ”tidak” yang berguna untuk merngumpulkan informasi yang aktual merupakan jenis ketrampilan ..........
A. Mendengar Aktif
B. Mendengar Pasif
C. Bertanya
D. Observasi
E. Verbal atau non verbal
19. Dua atau lebih orang yang berinteraksi satu dengan yang lain untuk mencapai satu tujuan disebut………
A. Kelompok
B. Karakteristik kelompok
C. Ukuran kelompok
D. Fungsi kelompok
E. Keuntungan kelompok
20. Berikut ini merupakan karakteristik dari kelompok adalah…………….
A. Anggotanya tidak memiliki hubungan tatap muka
B. Terdapat kurang dari satu anggota
C. Anggotanya memiliki tujuan atau maksud sendiri-sendiri
D. Anggotanya dibeda-bedakan ke dalam struktur
E. Anggotanya tidak menganut sekumpulan norma
21. Dibawah ini merupakan ukuran dari kelompok adalah...............
A. Kekompakan kelompok besar lebih kuat
B. Kekompakan kelompok kecil lebih lemah
C. Kelompok kecil tidak mempunyai karakteristik
D. Kelompok besar cenderung lebih resmi
E. Kelompok kecik cenderung lebih resmi
22. Berikut ini yang bukan merupakan kegunaan kelompok bagi individu adalah.........
A. Memenuhi kebutuhan sosial
B. Memenuhi kebutuhan spiritual
C. Membentuk konsep diri
D. Memberi atau menerima dukungan dan bantuan
E. Berbagi dengan orang lain
23. Menggunakan waktu secara efektif, menentukan prioritas secara jelas dan sering membuat keputusan eksekutif merupakan kepemimpinan dalam kelompok yang berorientasi pada ......
A. Orang
B. Tempat
C. Tugas
D. Kebutuhan
E. Masalah
24. Berikut ini yang merupakan aturan dasar dalam pelaksanaan sumbang saran adalah....
A. Boleh dilakukan penilaian pada ide-ide sampai acara selesai
B. Kelompok tidak boleh menganggap dirinya sebagai penghasil sejumlah besar ide-ide
C. Tidak mengkhawatirkan kualitas dari ide-ide
D. Anggota kelompok tidak boleh dibiarkan untuk berfikir dengan bebas
E. Ide-ide yang ditawarkan anggota kelompok tidak boleh dikembangkan oleh anggota kelompok lain
25. Dibawah ini yang bukan merupakan strategi bidan untuk membantu anggota kelompok yang negatif menurut smith dan bass : 1982 adalah...............
A. Menciptakan perasaan memiliki
B. Menciptakan lingkungan yang peka
C. Mendorong partisipasi dan kontribusi
D. Menghargai pendapat yang sama
E. Menciptakan perasaan komitment
B. Soal Essay
Petunjuk Mengerjakan !
Buatlah naskah cerita komunikasi dan konseling secara singkat dan jelas, pada kasus berikut ini.
Kasus :
Pada sebuh keluarga hiduplah seorang pasangan muda yang baru menikah 4 bulan yang lalu, suami bekerja sebagai karyawan disebuah perusahaan besar dengan tingkat kesibukan tinggi sedangkan istrinya adalah ibu rumah tangga, sang istri merasa sudah 2 bulan terlambat haid dan merasa mual – mual. Sang istri tidak tau perubahan yang terjadi pada dirinya.
ijin share . semoga menjadi ilmu yg manfaat
BalasHapus