1. Berikut ini yang dimaksud dengan konseling adalah………..
A. Interaksi orang ke orang, dua arah, meliputi aspek verbal dan non verbal
B. Proses pemberian bantuan seseorang kepada orang lain dalam membuat suatu keputusan atau memecahkan suatu masalah melalui pemahaman terhadap fakta fakta, harapan, kebutuhan dan perasaan perasaan klien.
C. Penyampaian pesan dari seseorang kepada sekelompok besar orang, biasanya sebagian besar masyarakat.
D. Pengaruh komunikasi secara sadar dan sebagian sadar
E. Penyampaian pesan dari seseorang kepada oranglain
2. Interaksi orang ke orang, dua arah, meliputi aspek verbal dan non verbal merupakan definisi dari…………
A. Komunikasi interpersonal
B. Komunikasi massa
C. Komunikasi intrapersonal
D. Komunikasi kelompok
E. Bukan salah satu diatas
3. Berikut ini yang bukan merupakan faktor penghambat dalam komunikasi adalah..............
A. Faktor individual
B. Faktor yang berkaitan dengan interaksi
C. Faktor masyarakat
D. Faktor situasional
E. Kompetensi dalam melakukan percakapan
4. Berikut ini merupakan tingkah laku verbal yaitu.................
A. Penampilan Umum
B. Pertanyaan yang diajukan
C. Pandangan mata
D. Bahasa tubuh
E. Gaya bicara
5. Apabila kita menyampaikan pesan kepada seseorang melalui kode/symbol maka kita telah melakukan komunikasi………..
A. Verbal
B. Non verbal
C. Umum
D. Terapetik
E. Intra personal
6. Berikut ini merupakan tingkah laku non verbal yaitu..............
A. Pandangan mata
B. Kata kunci
C. Penjelasan
D. Beralih topik
E. Pertanyaan yang diajukan
7. Berikut ini yang bukan merupakan tanda – tanda ketegangan adalah ............
A. Muka pucat atau memerah
B. Tremor bibir
C. Mata berkaca – kaca
D. Berkeringat
E. Kontak mata
8. Merupakan hal pertama yang diperhatikan dalam melakukan komunikasi adalah ......
A. Penampilan Umum / fisik
B. Pertanyaan yang diajukan
C. Pandangan mata
D. Bahasa tubuh
E. Gaya bicara
9. Berikut ini merupakan komunikasi verbal efektif yang mampu memberikan dukungan emosional pada klien adalah ..............
A. Perbendaharaan kata mudah dimengerti
B. Mempunyai arti denotatif dan konotatif
C. Intonasi mampu mempengaruhi isi pesan
D. kecepatan bicara yg memiliki tempo dan jeda
E. ada unsur humor
10. Dibawah ini merupakan faktor sosial yang mempengaruhi komunikasi adalah..........
A. Mekanisme Pertahanan Diri
B. Kepercayaan dan nilai-nilai
C. Asumsi
D. Usia
E. Prasangka
11. Dibawah ini merupakan faktor psikologis yang mempengaruhi komunikasi adalah..........
A. Prasangka
B. Jenis kelamin
C. Etnik
D. Bahasa
E. Kekuasaan
12. Dibawah ini merupakan faktor individual yang mempengaruhi komunikasi adalah.......
A. Mekanisme Pertahanan Diri
B. Kekuasaan
C. Asumsi
D. Bahasa
E. Prasangka
13. Membina hubungan baik adalah dasar dalam pemberian konseling. Berikut ini adalah factor – factor yang mempengaruhi atau membantu dalam membina hubungan baik adalah kecuali
A. Status
B. Kekuatan
C. Kecermatan
D. Peran
E. Kegemaran
14. Sikap dan perilaku dasar dalam membina hubungan baik adalah dengan diterapkannya SOLER, berikut ini merupakan sikap tubuh condong ke klien disebut…….
A. S : Face your client Squarely.
B. O : Open and non-judgemental face expression
C. L : Lean towards client.
D. E : Eye contact in a culturally-acceptable manner
E. R : Relaxed and friendly manner
15. Sikap dan perilaku dasar dalam membina hubungan baik adalah dengan diterapkannya SOLER, berikut ini merupakan sikap ekspresi muka menunjukkan sikap terbuka dan tidak menilai disebut…….
A. S : Face your client Squarely.
B. O : Open and non-judgemental face expression
C. L : Lean towards client.
D. E : Eye contact in a culturally-acceptable manner
E. R : Relaxed and friendly manner
16. Sikap dan perilaku dasar dalam membina hubungan baik adalah dengan diterapkannya SOLER, berikut ini merupakan kontak mata atau tatap mata sesuai dengan budaya setempat disebut…….
A. S : Face your client Squarely.
B. O : Open and non-judgemental face expression
C. L : Lean towards client.
D. E : Eye contact in a culturally-acceptable manner
E. R : Relaxed and friendly manner
17. Sikap dan perilaku dasar dalam membina hubungan baik adalah dengan diterapkannya SOLER, berikut ini merupakan menghadap ke klien, senyum atau mengangguk disebut…….
A. S : Face your client Squarely.
B. O : Open and non-judgemental face expression
C. L : Lean towards client.
D. E : Eye contact in a culturally-acceptable manner
E. R : Relaxed and friendly manner
18. Sikap dan perilaku dasar dalam membina hubungan baik adalah dengan diterapkannya SOLER, berikut ini merupakan bentuk tubuh condong ke klien disebut…….
A. S : Face your client Squarely.
B. O : Open and non-judgemental face expression
C. L : Lean towards client.
D. E : Eye contact in a culturally-acceptable manner
E. R : Relaxed and friendly manner
19. Memberikan umpan balik/merefleksikan isi ucapan dan perasaan klien merupakan jenis ketrampilan ..............
A. Mendengar Aktif
B. Mendengar Pasif
C. Bertanya
D. Observasi
E. Verbal atau non verbal
20. Menghasilkan jawaban ”ya” atau ”tidak” yang berguna untuk merngumpulkan informasi yang aktual merupakan jenis ketrampilan ..........
A. Mendengar Aktif
B. Mendengar Pasif
C. Bertanya
D. Observasi
E. Verbal atau non verbal
21. Dua atau lebih orang yang berinteraksi satu dengan yang lain untuk mencapai satu tujuan disebut………
A. Kelompok
B. Karakteristik kelompok
C. Ukuran kelompok
D. Fungsi kelompok
E. Keuntungan kelompok
22. Berikut ini merupakan karakteristik dari kelompok adalah…………….
A. Anggotanya tidak memiliki hubungan tatap muka
B. Terdapat kurang dari satu anggota
C. Anggotanya memiliki tujuan atau maksud sendiri-sendiri
D. Anggotanya dibeda-bedakan ke dalam struktur
E. Anggotanya tidak menganut sekumpulan norma
23. Dibawah ini merupakan ukuran dari kelompok adalah...............
A. Kekompakan kelompok besar lebih kuat
B. Kekompakan kelompok kecil lebih lemah
C. Kelompok kecil tidak mempunyai karakteristik
D. Kelompok besar cenderung lebih resmi
E. Kelompok kecik cenderung lebih resmi
24. Berikut ini yang bukan merupakan kegunaan kelompok bagi individu adalah.........
A. Memenuhi kebutuhan sosial
B. Memenuhi kebutuhan spiritual
C. Membentuk konsep diri
D. Memberi atau menerima dukungan dan bantuan
E. Berbagi dengan orang lain
25. Menggunakan waktu secara efektif, menentukan prioritas secara jelas dan sering membuat keputusan eksekutif merupakan kepemimpinan dalam kelompok yang berorientasi pada ......
A. Orang
B. Tempat
C. Tugas
D. Kebutuhan
E. Masalah
26. Berikut ini yang merupakan aturan dasar dalam pelaksanaan sumbang saran adalah....
A. Boleh dilakukan penilaian pada ide-ide sampai acara selesai
B. Kelompok tidak boleh menganggap dirinya sebagai penghasil sejumlah besar ide-ide
C. Tidak mengkhawatirkan kualitas dari ide-ide
D. Anggota kelompok tidak boleh dibiarkan untuk berfikir dengan bebas
E. Ide-ide yang ditawarkan anggota kelompok tidak boleh dikembangkan oleh anggota kelompok lain
27. Dibawah ini yang bukan merupakan strategi bidan untuk membantu anggota kelompok yang negatif menurut smith dan bass : 1982 adalah...............
A. Menciptakan perasaan memiliki
B. Menciptakan lingkungan yang peka
C. Mendorong partisipasi dan kontribusi
D. Menghargai pendapat yang sama
E. Menciptakan perasaan komitment
28. Interaksi manusia dan selama interaksi berlangsung saling tukar info atau saling berbagi kebutuhan, merupakan definisi komunikasi interpersonal menurut...........
A. Luft
B. Hein
C. Hargreavest
D. Umum
E. Khusus
29. Komunikasi antar orang-orang secara tatap muka yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung baik verbal maupun non verbal, merupakan definisi komunikasi interpersonal secara………….
A. Luft
B. Hein
C. Hargreavest
D. Umum
E. Khusus
30. Berikut ini yang bukan merupakan hambatan dalam komunikasi adalah………..
A. Batas kemampuan penerima
B. Pengalihan
C. Ketidak cocokan bagan
D. Pengaruh komunikasi secara sadar dan sebagian sadar
E. Tidak adanya saluran
31. Kata-kata seharusnya mempunyai arti yang sama bagi pengirim dan penerima, hal tersebut merpakan hambatan komunikasi dalam...............
A. Batas kemampuan penerima
B. Pengalihan
C. Ketidak cocokan bagan
D. Pengaruh komunikasi secara sadar dan sebagian sadar
E. Tidak adanya saluran
32. Orang yang memberikan bantuan dalam konseling disebut ………….
A. Konseli
B. Konselor
C. Penyelia
D. Perawat
E. Bidan
33. Orang yang diberi konseling disebut .............
A. Konseli
B. Konselor
C. Penyelia
D. Perawat
E. Bidan
34. Apabila pertanyaan yang diajukan dan jawaban yang diberikan secara lesan disebut ........
A. Kuesioner
B. Wawancara
C. Tanya jawab
D. Pengarahan
E. Bukan salah satu diatas
35. Dibawah ini bukan merupakan tips wawancara yang efektif yaitu ............
A. Menciptakan suasana yang terbuka
B. Tidak memotong pembicaraan
C. Memberikan perhatian
D. Bersikap evaluatif
E. Tenggang rasa atau bijaksana
36. Dibawah ini merupakan kelebihan tehnik wawancara yaitu ............
A. Pertanyaan kurang mendalam
B. Sifat data primer
C. Sifat data sekunder
D. Tidak dapat mengklarifikasi data yang kurang jelas
E. Bukan salah satu diatas
37. Faktor individual merupakan salah satu faktor penghambat dalam komunikasi. Dibawah ini yang bukan merupakan faktor individual penghambat dalam komunikasi adalah ...............
A. Kemampuan melihat
A. Kemampuan mendengar
B. Sikap terbuka
C. Usia
D. Gender
38. Dibawah ini yang bukan merupakan faktor sosial penghambat dalam komunikasi adalah .....
A. Sejarah keluarga dan relasi
B. Peran dalam masyarakat
C. Pembawaan diri seseorang terhadap orang lain
D. Peran sosial
E. Jaringan sosial
39. Dibawah ini yang bukan merupakan faktor yang berkaitan dengan interaksi penghambat dalam komunikasi adalah .....
A. Tujuan dan harapan
B. Sejarah keluarga dan relasi
C. Pembawaan diri seseorang terhadap orang lain
D. Sikap terhadap interaksi
E. Kompetensi dalam melakukan percakapan
40. Dibawah ini yang bukan merupakan kompetensi yang harus dimiliki Bidan dalam melakukan komunikasi interpersonal adalah ...........
A. Empati
B. Simpati
C. Perspektif sosial
D. Kepekaan
E. Kecakapan dan tingkah laku
41. Pengambilan keputusan yang didasarkan pada rasa yang dialami oleh tubuh seperti : rasa sakit, tidak nyaman atau nikamt, merupakan pengambilan keputusan berdasarkan faktor apa ..........
A. Fisik
B. Emosional
C. Rasional
D. Praktikal
E. Interpersonal
42. Pengambilan keputusan yang didasarkan pada perasaan atau sikap, merupakan pengambilan keputusan berdasarkan faktor apa ..........
A. Fisik
B. Emosional
C. Rasional
D. Praktikal
E. Interpersonal
43. Pengambilan keputusan yang didasarkan terhadap pengetahuan, merupakan pengambilan keputusan berdasarkan faktor apa ..........
A. Fisik
B. Emosional
C. Rasional
D. Praktikal
E. Interpersonal
44. Pengambilan keputusan yang didasarkan pada pengaruh jaringan – jaringan sosial yang ada, merupakan pengambilan keputusan berdasarkan faktor apa .....
A. Fisik
B. Emosional
C. Rasional
D. Praktikal
E. Interpersonal
45. Pengambilan keputusan yang didasarkan pada ketrampilan individual dan kemampuan melaksanakannya, merupakan pengambilan keputusan berdasarkan faktor apa ..........
A. Fisik
B. Emosional
C. Rasional
D. Praktikal
E. Interpersonal
46. Pengambilan keputusan dengan memikirkan secara baik – baik dengan mempertimbangkan berbagai pilihan merupakan jenis pengambilan keputusan
A. Pengambilan keputusan intuitif
B. Pengambilan keputusan terpaksa
C. Pengambilan keputusan reaktif
D. Pengambilan keputusan ditanguhkan
E. Pengambilan keputusan dengan hati - hati
47. Pengambilan keputusan dengan mengalihkan kepada orang lain yang bertanggungjawab merupakan jenis pengambilan keputusan ...............
A. Pengambilan keputusan intuitif
B. Pengambilan keputusan terpaksa
C. Pengambilan keputusan reaktif
D. Pengambilan keputusan ditanguhkan
E. Pengambilan keputusan dengan hati – hati
48. Pengambilan keputusan yang seringkali dilakukan dalam situasi marah dan tergesa - gesa merupakan jenis pengambilan keputusan ...............
A. Pengambilan keputusan intuitif
B. Pengambilan keputusan terpaksa
C. Pengambilan keputusan reaktif
D. Pengambilan keputusan ditanguhkan
E. Pengambilan keputusan dengan hati – hati
49. Pengambilan keputusan dalam situasi krisis dan harus segera dilaksanakan merupakan jenis pengambilan keputusan ...............
A. Pengambilan keputusan intuitif
B. Pengambilan keputusan terpaksa
C. Pengambilan keputusan reaktif
D. Pengambilan keputusan ditanguhkan
E. Pengambilan keputusan dengan hati – hati
50. Pengambilan keputusan dengan sifat segera, langsung diputuskan karena keputusan tersebut dirasakan paling tepat merupakan jenis pengambilan keputusan ...............
A. Pengambilan keputusan intuitif
B. Pengambilan keputusan terpaksa
C. Pengambilan keputusan reaktif
D. Pengambilan keputusan ditanguhkan
E. Pengambilan keputusan dengan hati – hati
51. Pemberian informasi dikatakan efektif apabila ...........
A. Informasi yang diberikan spesifik, dapat membantu klien dalam membuat keputusan.
B. Informasi tidak disesuikan dengan situasi klien.
C. Menggunakan bahasa nasional
D. Tidak perlu menggunakan alat bantu visual sewaktu menjelaskan
E. Tidak memberi kesempatan klien bertanya dan tidak mengulang hal-hal penting yang perlu diingat.
52. Berikut ini merupakan saat saat sulit dalam komunkasi interpersonal dan konseling adalah .......
A. Terciptanya hubungan yang baik
B. Pembicaraan sesuai dengan topik
C. Konselor bersikap terbuka
D. Klien bersedia menerima bantuan dari konselor
E. Diam
53. Apabila dalam suatu konseling terjadi klien menangis, maka sebagai konselor apa yang akan anda lakukan ?
A. Konselor harus memperhatikan konteks pembicaraan dan menilai mengapa hal ini terjadi.
B. Menunggu beberapa saat, dan apabila masih terus menangis, katakan bahwa tidak apa – apa kalau ingin menangis, adalah wajar apabila merasa sedih kita menangis.
C. Konselor merasa tidak tahu harus berbuat apa.
D. Konselor sebaiknya mememberikan informasi tersebut beberapa saat sebelum pertemuan, meminta maaf,
E. Melanjutkan konseling, terutama dengan membuat klien merasa lebih nyaman tentang dirinya sendiri.
54. Apabila dalam suatu konseling waktu yang dimiliki konselor terbatas , maka sebagai konselor apa yang akan anda lakukan ?
A. Konselor harus memperhatikan konteks pembicaraan dan menilai mengapa hal ini terjadi.
B. Menunggu beberapa saat, dan apabila masih terus menangis, katakan bahwa tidak apa – apa kalau ingin menangis, adalah wajar apabila merasa sedih kita menangis.
C. Konselor merasa tidak tahu harus berbuat apa.
D. Konselor sebaiknya mememberikan informasi tersebut beberapa saat sebelum pertemuan, meminta maaf,
E. Melanjutkan konseling, terutama dengan membuat klien merasa lebih nyaman tentang dirinya sendiri.
55. Apabila dalam suatu konseling, konselor tidak dapat menciptakan hubungan yang baik, maka sebagai konselor apa yang akan anda lakukan ?
A. Konselor harus memperhatikan konteks pembicaraan dan menilai mengapa hal ini terjadi.
B. Menunggu beberapa saat, dan apabila masih terus menangis, katakan bahwa tidak apa – apa kalau ingin menangis, adalah wajar apabila merasa sedih kita menangis.
C. Konselor merasa tidak tahu harus berbuat apa.
D. Konselor sebaiknya mememberikan informasi tersebut beberapa saat sebelum pertemuan, meminta maaf,
E. Melanjutkan konseling, terutama dengan membuat klien merasa lebih nyaman tentang dirinya sendiri.
56. Pada perkembangan komunikasi pada bayi dan balita terdapat fase pre linguistik, apa yang dimaksud dengan fase pre linguistik ?
A. Fase sebelum bicara
B. Mulai mengenal kata pertama
C. Mulai mengenal kalimat
D. Kemampuan bicara egosentris
E. Perkembangan semantik
57. Berikut ini yang bukan merupakan faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa adalah ...
A. Lingkungan
B. Intelegensi
C. Jenis kelamin
D. Sosial ekonomi
E. Dorongan orang tua
58. Perubahan fisik atau biologis sesuai dengan tahap perkembangan merupakan fokus komunikasi pada .............
A. Bayi dan balita
B. Remaja
C. Ibu hamil
D. Ibu melahirkan
E. Gangguan reproduksi
59. Belum ada pengalaman hamil merupakan fokus komunikasi pada .............
A. Bayi dan balita
B. Remaja
C. Ibu hamil
D. Ibu melahirkan
E. Gangguan reproduksi
60. Tehnik - tehnik persalinan seperti tehnik mengejan, relaksasi atau mengatur pernafasan merupakan fokus komunikasi pada .............
A. Bayi dan balita
B. Remaja
C. Ibu hamil
D. Ibu melahirkan
E. Gangguan reproduksi
61. Deteksi dini terhadap kelainan yang berhubungan dengan penyakit pada organ reproduksi merupakan fokus komunikasi pada .............
A. Bayi dan balita
B. Remaja
C. Ibu hamil
D. Ibu melahirkan
E. Gangguan reproduksi
62. Dibawah ini yang bukan merupakan fungsi konseling adalah .............
A. Pencegahan
B. Penyesuaian
C. Perbaikan
D. Pengembangan
E. Pengawasan
63. Apabila terjadi penyimpangan perilaku klien dalam pelayanan kesehatan dan lingkungan yang menyebabkan terjadinya masalah kesehatan maka perlu dilakukan pelayanan konseling dengan menerapkan fungsi ..................
A. Pencegahan
B. Penyesuaian
C. Perbaikan
D. Pengembangan
E. Pengawasan
64. Pada peningkatkan pengetahuan dan kemampuan serta peningkatan derajat masyarakat dengan upaya peningkatan peran serta masyarakat maka perlu dilakukan pelayanan konseling dengan menerapkan fungsi ..................
A. Pencegahan
B. Penyesuaian
C. Perbaikan
D. Pengembangan
E. Pengawasan
65. Hal ini merupakan upaya untuk membantu klien mengalami perubahan biologis, psikologis, sosial, kultural, dan lingkungan yang berkaitan dengan kebidanan. Dalam hal ini klien perlu beradaptasi dengan keadaan tersebut. maka perlu dilakukan pelayanan konseling dengan menerapkan fungsi ..................
A. Pencegahan
B. Penyesuaian
C. Perbaikan
D. Pengembangan
E. Pengawasan
66. Dalam proses wawancara konseling berpusat pada konselor merupakan tehnik konseling dengan pendekatan .........
A. Directive
B. Non direktive
C. Conseli center
D. Edetic
E. Bukan salah satu diatas
67. Konseli diberi kesempatan untuk memimpin wawancara dan memikul sebagian besar dari tanggung jawab atas pemecahan masalahnya sendiri merupakan tehnik konseling dengan pendekatan .........
A. Directive
B. Authoritarian
C. Conseli center
D. Edetic
E. Bukan salah satu diatas
68. Konselor menggunakan cara yang dianggap baik atau tepat, sesuai dengan konseli dan masalahnya merupakan tehnik konseling dengan pendekatan .........
A. Directive
B. Non direktive
C. Conseli center
D. Edetic
E. Bukan salah satu diatas
69. Tahap ini terjadi sejak klien menemui konselor hingga berjalan konseling sampai konselor dan klien menemukan defenisi masalah klien atas dasar isu, kepedulian, atau masalah klien. Hal ini merupakan proses konseling dalam tahap ...........
A. Awal
B. 2
C. Tengah
D. 4
E. Akhir
70. Tahap yang ditandai dengan menurunnya kecemasan klien, adanya perubahan perilaku klien kearah yang lebih positif, adanya rencana hidup masa yang akan datang dengan program yang jelas. Hal ini merupakan proses konseling dalam tahap ...........
A. Awal
B. 2
C. Tengah
D. 4
E. Akhir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar